No Widgets found in the Sidebar

Dalam rangka meningkatkan wawasan para mahasiswa Teknik Industri mengenai dunia industri secara nyata, maka perlu dilakukan kegiatan yang dapat mengaomodir kebutuhan tersebut. Terkait dengan hal tersebut, maka pada bulan Mei dan Juni 2022 telah dilakukan kegiatan Study Excursion 2022 yang diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 6 dan 8 serta jajaran dosen prodi Teknik Industri. Kegiatan ini terdiri dari kegiatan plant tour yang dilakukan secara virtual, plant tour secara langsung (luring) serta kegiatan wisata bersama. Berikut adalah reportase kegiatan  Study Excursion 2022

===============================================================STUDY EXCURSION PT YAKULT INDONESIA=========================================================================

27 Mei 2022, Rangkaian pertama Study Excursion oleh Program Teknik Industri dilaksanakan secara daring (On-Line) dengan pemateri adalah PT. YAKULT INDONESIA. Pada kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini, mahasiswa mendengarkan sambutan dan ramah tamah dari perusahaan. Selanjutnya  plant tour  ditunjukkan oleh pihak perusahaan sehingga mahasiswa seolah dapat mengetahui keadaan di PT. Yakult Indonesia walaupun tidak dapat langsung berada di perusahaan. Dari kegiatan ini, mahasiswa dapat mengetahui bagaimana produk minuman sehat diproduksi secara higienis dan bagaimana menjaga rantai pasoknya supaya dapat berjalan dengan baik sampai di tangan konsumen.

————Pembukaan oleh Moderator————————-

————Penyampaian Materi dari PT.YAKULT INDONESIA————————

 

============================================================STUDY EXCURSION PTP NUSANTARA XII WONOSARI====================================================================

04 Juni 2022, Rangkaian kedua Study Excursion oleh Program Teknik Industri adalah berkunjung secara langsung ke industri pengolahan teh yaitu PTP NUSANTARA XII WONOSARI yang berada di Lawang Malang. Berikut dokumentasi kegiatannya :

——Sambutan dari Pihak PTP NUSANTARA XII WONSARI——

 

——Penyerahan Cinderamata——

 

——KEGIATAN STUDY EXCURSION——

Gambar diatas merupakan salah satu dari kegiatan Study Excursion Program Studi Teknik Industri yang telah dilaksanakan di PTP NUSANTARA XII WONOSARI. Pada kegiatan ini, dijelaskan mulai dari sejarah PTP NUSANTARA XII WONSARI berdiri, macam-macam produk olahan teh yang didapatkan dari pengolahan mulai dari daun teh hingga bungan daun teh yang belum berbunga (berupa kucup).

Gambar diatas, meupakan salah satu kegiatan Study Excursion atau Kunjungan Industri dari Program Studi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknik dalam mengetahui proses apa saja yang diperlukan mulai dari daun teh didapatkan hingga menjadi teh yang siap dikonsumsi.

Gambar diatas merupakan salah satu mesin yang digunakan dalam mengelolah daun dan juga kuncup bunga teh untuk dijadikan serbuk teh. Alat ini digunakan untuk mensortir daun teh yang sesuai dengan ukuran standar ketentuan perusahaan.

Dengan mengunjungi PTP NUSANTARA XII WONOSARI, maka mahasiswa dapat mempelajari bagaimana mempersiapkan pemasok bahan baku supaya mampu menghasilkan bahan baku yang berkualitas untuk produsen produk. Dalam hal ini pemasok daun teh, maka seluruh proses tentu pada dasarnya melibatkan sejak rantai mata pasok yang pertama yaitu kebun teh, untuk menghasilkan produk teh yang berkualitas di tangan konsumen.