Laboratorium Struktur Material dan Bahan Program Studi Teknik Industri adalah salah satu fasilitas yang digunakan untuk menunjang kegiatan praktikum. Laboratorium ini merupakan salah satu tempat penting bagi mahasiswa sebagai bekal eksperimen dari dasar² fisika yang sudah mahasiswa pelajari. 

Laboratorium ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan eksperimen mandiri, yang memungkinkan mereka mengembangkan kreativitas dan keahlian dalam merancang dan melaksanakan penelitian tentang fisika. Mahasiswa akan belajar untuk merumuskan hipotesis, merencanakan eksperimen, mengumpulkan data, menganalisis hasil dan menyimpulkan hasil dari penelitian nya. Selain itu, mahasiswa juga belajar bekerja dalam tim dan berkolaborasi dengan sesama mahasiswa dan dosen. 

 

Dengan dilengkapi fasilitas yang memadai dan didukung oleh dosen yang berpengalaman, laboratorium Fisika Program Studi Teknik Industri sehingga menciptakan lingkungan yang memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan pemahaman teoritis mahasiswa, meningkatkan ketrampilan praktis, dan mempersiapkan diri untuk menjadi ilmuan fisika yang kompoten. 

Amalia Ma’rifatul Maghfiroh, S.Si., M.T

Praktikum Analisa Pengukuran Kerja

Merupakan bagian dari PIM 1 dengan materi praktikum pengukuran waktu baku secara langsung dengan stopwatch time study.

Praktikum Analisa Sistem Kerja

Merupakan bagian dari praktikum PIM 1 dengan materi  peta-peta kerja, pengukuran kapasitas kerja, antropometri dan aspek ergonomi dalam perbaikan sistem kerja.

Praktikum Pengembangan Produk

Merupakan bagian dari  praktikum PIM 1 dengan materi praktikum mencakup pengembangan konsep produk dan House of Quality.

Praktikum Perbaikan Sistem Kerja

Merupakan bagian dari praktikum PIM 2 dengan materi praktikum mencakup design of experiment melibatkan faktor lingkungan kerja.

Foto Kegiatan Laboratorium Struktur Material dan Bahan

Foto Kegiatan Laboratorium Struktur Material dan Bahan