BOJONEGORO – Pada hari selasa tanggal 26-03-2024 Prodi Teknik Industri mengadakan acara buka bersama yang di hadiri oleh para dosen dan asisten Laboratorium Teknik Industri, dengan menu yang sederhana mampu menciptakan keharmonisan di bulan suci Ramadan.

Pada awalnya kegiatan buka bersama dilakukan karena di anjurkan oleh Rasullulah Muhammad SAW, sebagaimana yang diterangkan lewat hadist riwayat abu Dawud para shabat nabi bertanya mengapa makan tidak kenyang ? Kemudian nabi balik bertanya apa kalian makan sendiri para sahabat menjawab iya kemudian rasullullah menjawab lagi, “makanlah kalian dan baca basmalah, maka Allah SWT akan memberikan berkah kepada kalian semua. “(HR Abu Dawud).

Buka bersama bukan hanya sekedar makan bersama di waktu buka puasa, akan tetapi kegiatan buka bersama juga bisa bernilai Sunnah jika pada waktu buka bersama tersebut kita mengejarkan hal-hal yang positif seperti; makan bersama-sama tanpa ada perbedaan takaran dan sajiannya, kemudian melaksanakan solat magrib berjamaah, lanjut solat Isa dan tarawih berjamaah, setelah itu tadarusan Al-Qur’an. Jika demikian dilakukan pada saat berbuka puasa bersama, maka insyaallah kegiatan buka bersama tersebut bernilai Sunnah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *